Resep Donat Kentang dan Resep Donat Kampung - Bloger 2019

Monday, June 10, 2019

Resep Donat Kentang dan Resep Donat Kampung

Baca Juga


Seperti yang kita ketahui donat memiliki sangat banyak varian rasa, kue satu ini memang sudah terkenal dengan kelezatannya. Siapa sich yang tidak suka dengan donat? kue berbentuk lingkaran dan terdapat lubang di tengahnya ini sangat banyak kita jumpai di warung-warung kue. Harga donat juga bervariasi ada yang murah dan ada yang mahal, yang membuat harga donat berbeda-beda adalah karena rasa dan bahan untuk membuatnya berbeda. Harga donat yang murah adalah seharga Rp 1000 saja, tetapi ada juga donat yang dijual dengan harga yang mahal. Donat yang mahal biasanya dibuat dari kentang, kan kentang mahal tu harganya. Jadi sesuai ya kan kalau ada yang jual donat kentang seharga  Rp 2.500- Rp 10.000 satu donat. Donat yang murah dibuat dari bahan biasa saja seperti dengan tepung dan ditambah dengan topping gitu saja dan dinamakan donat kampung karena harganya yang murah.

Nah jika kalian ingin merasakan lezatnya rasa donat bersama keluarga kalian atau teman-teman kalian maka kalian bisa  membuat sendiri di rumah, supaya lebih  berhemat tanpa keluar banyak uang. Neng infoo akan share semua resep-resep varian donat yang lezat dari harga yang murah sampai harga yang mahal. Di artikel kali ini neng infoo share 2 resep varian donat yaitu resep donat kentang dan donat kampung. Resep donat lainnya tunggu updatenya ya setelah artikel ini saya akan post artikel resep donat pandan dan donat fluffy.


Resep Donat Kentang dan Donat Kampung.

1. Resep Donat Kentang.

Donat kentang.
By : @susie.agung

Nah buat yang pengen siapin kudapan manis buat keluarga tercinta disaat libur, boleh dicoba nih donat kentang homemade abaikan taburannya yang gak rapi ya, sambil momong bocah jadi sekenanya aja :D 

Bahan donat kentang :
375 gram terigu protein tinggi (cakra)
150 gram terigu protein sedang (segitiga biru)
250 gram kentang (kukus, haluskan )
80 gram margarin atau mentega
80 gram gula pasir
100 ml air es
4 butir kuning telur
50 gram susu bubuk
1 sachet kecil ragi instan (11 gram)
1/4 sdt garam
Topping: gula halus, meises, keju, dan lain-lain sesuai selera 



Cara membuat donat kentamg :
1. Campur terigu, gula, ragi & susu bubuk dalam mangkuk besar, lalu aduk rata dan buat lubang ditengahnya. Kemudian masukkan kuning telur, aduk rata kembali, masukkan kentang, aduk rata, dan masukkan air es sedikit-sedikit lalu mixer atau uleni adonan hingga kalis, masukkan margarin & garam, uleni kembali sampai adonan kalis elastis, bulatkan adonan, tutup dengang plastik wrap, diamkan selama 40-60 menit.
2. Kempiskan adonan, timbang adonan masing-masing 50 gram, lalu bulatkan lembali, diamkan kembali 10-15 menit.
3. Setelah profing kedua panaskan minyak goreng, lubangi bagian tengah adonan dengan ibu jari atau spuit, goreng donat dalam minyak panas dengan api kecil sekali sampai matang, cukup 1 kali balik untuk masing-masing sisinya, angkat, tiriskan dan biarkan dingin baru diberi topping sesuai selera (me: taburi gula donat), sajikan.



2. Resep Donat Kampung.

www.nenginfoo.xyz

Donat kampung
By : Riyas Irmadona
Rebake : @henny_henzz

Bahan donat kampung : 
200ml air hangat ( suam-suam kuku )
10 gr ragi instan 
1 sendok makan gula pasir
4 kuning telur 
65gr gula pasir
500gr terigu pro sedang 
100gr unsalted butter atau mentega 
1/2 sendok teh vanili ( me skip ) 


Cara membuat donat kampung :
1. Siapkan mangkuk beri ragi, gula, air hangat, aduk rata, diamkan selama 5 menit.
2. Kemudian masukkan gula pasir, kuning telur, vanili dan aduk hingga rata.
3. Lalu masukkan tepung terigu, uleni atau mixer hingga menyatu, lalu masukan butter atau mentega , uleni hingga adonan kalis
4. Istirahatkan adonan selama 10 menit, tutup dengan serbet bersih atau plastik wrap 
5. Potong dan timbang adonan seberat @50gr lalu bulatkan dan letakkan diatas kertas roti yang sudah dipotong-potong ( tutup plastik ) dan istirahatkan lagi selama 10 menit.
6. Panaskan minyak dengan api kecil hingga panas, goreng donat dengan sekali balik,lalu angkat.
7. Sajikan dengan topping suka suka.
Comments


EmoticonEmoticon