Kreasi Resep Tempe Kreatif dan Lezat - Bloger 2019

Saturday, June 1, 2019

Kreasi Resep Tempe Kreatif dan Lezat

Baca Juga


Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang dibuat dari fermentasi kacang kedelai. Tempe harganya sangat murah dan sangat mudah dicari jika kalian ingin membelinya. Selain enak untuk disantap, tempe juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita loh. Ada banyak manfaatnya jika kita konsumsi karena tempe mengandung banyak gizi. Di dalam tempe terkandung serat pangan, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin B, protein nabati, fosfor dan keratin. Protein yang terdapat di dalam tempe lebih tinggi daripada protein hewani. 

Di blog saya ini akan share semua kreasi resep-resep tempe yang kreatif banget sehingga kalian tidak akan pernah bosan mengkonsumsi tempe karena resep yang saya share ini rasanya sangat lezat banget. Tetapi di artikel ini saya share 2 resep dulu ya, resep kreasi tempe kreatif lainnya akan saya update lagi satu persatu di blog neng infoo ini. Maka dari itu supaya tidak ketinggalan info resep-resep dari neng infoo kalian harus follow  atau ikuti fanspage fb "Sedap Banget" ya yang ada di bawah artikel ini. Dan inilah kedua resepnya. Cusss kita coba satu persatu resepnya untuk menyenangkan keluarga kalian di rumah supaya gak selalu jajan terus diluar.

Kreasi Resep Tempe

1. Resep Kroket Tempe Isi Sosis.


Kroket tempe isi sosis.
By : @yoanitasavit (modifikasi)

Hai teman-teman yang cantik dan ganteng yuk bikin cemilan enak buat stock di freezer, bisa juga buat tambahan lauk enak banget. Resep ini terinspirasi dari @dapurbekal kroket tempe isi sosis ini siap menemani kalian kalau lagi malas masak, karena resepnya simple saja.

Bahan adonan kroket tempe :
1 papan tempe
2 buah kentang ukuran kecil
4 siung bawang putih goreng, haluskan
6 buah bwg merah goreng, haluskan
2 btg daun seledri, iris
1 butir telur
2 sendok makan tepung maizena
garam, merica
kaldu bubuk secukupnya


Bahan pelengkap kroket tempe :
Sosis, potong kecil (rebus sebentar)
1 butir telur kocok lepas
3 sendok makan tepung terigu
Tepung panir secukupnya



Cara membuat kroket tempe isi sosis :
1. Kupas kentang dan cuci sampai bersih, lalu otong kentang dan tempe menjadi beberapa bagian, kemudian kukus sampai empuk. Dan haluskan selagi hangat
2. Campur tempe dan kentang dengan semua bahan adonan hingga rata. Simpan di dalam kulkas sekitar 30 menit lalu bentuk adonan menjadi bola, beri isian sosis di dalamnya.
3. Gulingkan bola kroket ke tepung terigu lalu ke kocokan telur lalu ke tepung panir. Simpan di freezer minimal selama 2 jam.
4. Panaskan minyak lalu goreng kroket hingga berwarna kuning keemasan, angkat dan sajikan hangat lebih nikmat.



2. Resep Sate Lilit Tempe.

www.nenginfoo.xyz

Assalamualaikum semuanya, sate lilit tempe ini enak banget dan wangi banget. Tempenya pilih yang kualitas bagus ya karena kalau gak bisa berasa agak masam.

Sate lilit tempe
By :  @mama_syifa_hana

Bahan sate lilit tempe :
350 gr tempe berkualitas bagus
60 gr kelapa parut
2 sendok makan tepung tapioka
3 lembar daun jeruk, buang tulang tengah dan iris halus
1 cm lengkuas
1 batang serai geprek
1 sendok teh royco rasa ayam
garam dan gula secukupnya
minyak goreng secukupnya
1 sendok makan margarin
8 bh serai


Bahan bumbu sate lilit tempe ( haluskan) :
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah
3 bh cabe merah
3 bh cabe keriting
2 cm kencur, kupas
5 cm kunyit, kupas
3 butir kemiri sangrai



Cara membuat sate lilit tempe :
1. Kukus tempe 15 menit dan haluskan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, serai, sampai harum dan tanak. Kemudian angkat dan dinginkan.
2. Campur bumbu (buang dulu serai, lengkuasnya) dengan tempe, kelapa parut, daun jeruk, tapioka, bumbui dengan gula, garam, dan royco ayam. Lalu aduk dan uleni sampai rata, kemudian tes rasa.
.3. Ambil 2 sendok makan adonan lalu pipihkan dan taruh sebatang serai ditengahnya, kemudian bulatkan dan kepal-kepal sampai agak padat. Lakukan sampai habis, kemudian kukus sate tempe selama 20 menit dan angkat.
.4. Panaskan teflon, beri 1 sendok makan margarin, bakar sate tempe sambil dibolak-balik sampai berwarna agak kecoklatan.


Comments


EmoticonEmoticon